Organisasi

Menjawab pertanyaan Sdr. Agus Tridiatno tentang Organisasi Wanita Katolik RI, berikut ini penjelasan dari Ibu Nuning Siregar (lengkapnya Ibu Ignatia Endang K. Siregar), Koordinator Presidium DPP Wanita Katolik RI  – Jakarta, yang kiranya berguna pula bagi kita semua.

quote :

Wanita Katolik Republik Indonesia, disingkat Wanita Katolik RI adalah ormas yang berbadan Hukum. Umurnya 85 tahun dan tetap eksis di nusantara ini sejak hari kelahirannya tanggal 26 Juni 1924 di Yogyakarta. Santa Pelindung Organisasi adalah St. Anna, Ibundanya Bunda Maria yang melahirkan Juru Selamat.  Pesta nama St.  Anna pada tanggal 26 Juli.

Organisasi Wanita Katolik RI terstruktur dari Unit Basis yaitu Ranting, ada sekitar 15.000, Dewan Pengurus Cabang (DPC), sekitar 558, Dewan Pengurus Daerah (DPD) ada 32 dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) berkedudukan di ibukota.

Sebagai anggota Gereja Universal Wanita Katolik RI menjadi anggota World Union of Catholic Women’s Organisations (WUCWO) yang beranggotakan lebih kurang 100 negara. Sudah sejak tahun 1937 organisasi perempuan tingkat dunia ini mengenal Wanita Katolik. Masuk menjadi anggota sejak tahun 1957. Perwakilan organisasi menjadi Board Member hingga sekarang, bahkan pernah pula menjadi Vice President WUCWO di wilayah Asia Pasific.

Hasil keputusan dari Bali yang harus dijabarkan dalam rencana kerja organisasi satu periode masa bakti 2008 – 2013, mengacu pada tema Kongres XVIII : WANITA KATOLIK RI BERPERAN AKTIF MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP DAN KEHIDUPAN DENGAN MENGENTASKAN KEMISKINAN DAN MENIADAKAN KEKERASAN.
Untuk mewujudkan kualitas hidup dan kehidupan, melalui strategi Pengentasan kemiskinan dan peniadaan kekerasan, disepakati menjadi Program Nasional, Program Pilihan dan Gerakan.

Program Nasional artinya harus dilaksanakan seluruh jajaran organisasi secara nasional: 1). pemberdayaan organisasi   2). Peningkatan Perempuan Usaha Kecil (PPUK)  dan  3). Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG).

Program pilihan artinya masing -masing daerah bisa memilih program prioritasnya sesuai dengan kebutuhan setempat yaitu :   1). Gizi    2). Beasiswa, dan   3).  Napza.

Gerakan Nasional dilaksanakan seluruh jajaran sebagai pola pikir dan pola tindak :   1).  Budaya Nilai        2).  Lingkungan Hidup.

Kami informasikan bahwa Buku Hasil Kongres XVIII dan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD & ART) telah selesai dicetak. Para pengurus perlu memilikinya.
Kiranya itu yang bisa kami sampaikan. Salam kepada para rekan kerja di Ungaran.  Selamat berkarya.

Salam hangat, Nuning Siregar, 18/05/2009

DPP WKRI:  dpp_wkri@yahoo.com.sg

Jl. Kayujati III No.8, Rawamangun, Jakarta 13220

Telp. 021-4758949 /4757257    Fax : 021-4757257

website : www.wanitakatolik-ri.or.id

unquote

VISI  &  MISI WANITA KATOLIK REPUBLIK INDONESIA

VISI Organisasi kemasyarakatan Wanita Katolik yang mandiri, memiliki kekuatan moral dan sosial yang handal, demi tercapainya kesejahteraan bersama serta tegaknya harkat dan martabat manusia.

MISI

  1. Memberdayakan seluruh jajaran Wanita Katolik RI mulai dari unit yang terkecil.
  2. Meningkatkan kualitas hidupnya nilai-nilai Injil dan Ajaran Sosial Gereja di dalam Wanita Katolik RI.
  3. Meningkatkan kualitas kehidupan berdasarkan keadilan sosial.
  4. Memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender dalam semua aspek kehidupan.

   

* LAMBANG/LOGO WANITA KATOLIK RI

Lambang Wanita Katolik RI

Lambang Wanita Katolik RI

ARTI LAMBANG

Dasar : Latar Biru

Lambang kesediaan – kesetiaan Ibu.

Gambar Elar berwarna kuning,

Tanda doa Ibu nan suci hening.

 

Salib kuning keemasan bersinar lima,

Pancasila dasar negara.

Garuda kuning dengan sayap berujung tiga,

Tritunggal suci, kepercayaan kita.

 

Garuda lambang kebangsaan

Mendukung Salib kepercayaan

Menyatakan tenaga dan kekuatan,

Menuju ke arah keTuhanan

 

Merah darah di tengah elar

Tanda kecintaan Tuhan Yang Maha Esa.

——————————————————-

Disahkan oleh Kongres IX Wanita Katolik RI

Pada tanggal 20-23 Agustus 1970 di Jakarta

28 Balasan ke Organisasi

  1. pudji mengatakan:

    Makin hari, makin rame, semua bidang dilibatkan untuk nulis biar tambah gayeng, maju terus..perlu ada pelatihan nulis di blog untuk pengurus.
    salam dan doa.

    • wkriungaran mengatakan:

      Thanks inputnya, Pak Pudji. Usulan yang bagus sekali. Kami merencanakan ada Pelatihan Internet dan Weblog tanggal 12 Juli 2009 jam 09.00 di Ruang Pertemuan Gereja Kristus Raja Ungaran.
      Makasih juga atas dukungannya selama ini. Wanita Katolik RI maju tidak hanya karena pengurus/anggotanya, tetapi juga karena peran orang2 yang peduli.
      Salam dan hormat dari seluruh pengurus.

    • renzopandelaki mengatakan:

      wkri luar biasa
      hebatnya

  2. Heti Agustina Umbas mengatakan:

    Perkenalan saja, saya Ketua Dewan Pengurus Cabang Kristus Raja Kotamobagu Kabupaten Bolaang Mongondow Sulawei Utara Manado. Saya senang dengan WKRI banyak bergaul dengan ibu-ibu anggota WKRI yang ada dipelosok tanah air lewat kehadiran dalam Kongres WKRI ke- 18 di Bali tahun 2008.Saat ini kami sedang mempersiapkan Konfercab pada tanggal 3 Juli 2010.Tidak terasa 3 tahun sudah masa kepengurusan banyak suka duka yang saya dapat bahkan tantangan, tetapi saya tidak pernah merasa putus asa karena Tuhan Yesus dan Bunda Maria selalu menuntun saya sehingga saya tetap eksis.Wanita Katolik Luar biasa.Akhir kata Mohon doa untuk pelaksanaan ini.Sukses selalu.GBU.
    Wasalam Ibu Heti Marbun Umbas.

  3. wkriungaran mengatakan:

    Ibu Heti,
    Senang bisa berkenalan bu, semoga bisa terus kontak. Sungguh menyenangkan bisa berkomunikasi ya… dari nun jauh di Sulut. Selamat mempersiapkan Konfercab bu, semoga semua lancar dan sukses. Tetap semangat meski banyak hambatan dan kendala. Bravo Wanita Katolik RI!

    salam dari kami semua di Ungaran,
    Cab. Kab. Semarang, Jawa Tengah.

  4. maria maura malindir mengatakan:

    syalom. dimana bisa dapatkan Buku Hasil Kongres XVIII dan Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (AD & ART)? trmksh. maura

    • wkriungaran mengatakan:

      Ibu Maura,
      terima kasih telah mampir di blog kami.
      kami memiliki buku2 tersebut. kami akan email japri ibu ya.
      syalom.

  5. jenie maria mangelep mengatakan:

    saya seorang ibu katolik saya ingin bertanya apakah seorang ketua WKRI boleh terlibat secara aktif dalam dunia politik?????

  6. wkriungaran mengatakan:

    Ibu Jenie,
    Wanita Katolik RI semakin banyak memberikan/memfasilitasi pendidikan politik agar anggota tidak buta politik, sebaliknya semakin ‘melek’ politik.
    Seorang anggota Wanita katolik RI dapat secara aktif berkegiatan di bidang politik, bahkan sangat dianjurkan. Namun mengingat Wanita Katolik RI BUKAN organisasi politik, maka sebaiknya ibu tersebut tidak menjadi pengurus, apalagi ketua.
    Hal ini untuk menjaga agar organisasi dapat terus menegakkan dan menjaga kemandirian, sehingga terhindar dari hal-hal yang mungkin saja dapat melemahkan semangat perjuangan menuju cita-cita yang tertuang dalam visi WKRI (Majalah WKRI “KONTAK” Ed.13/Th IV/2012).
    Salam,

  7. Sofia mengatakan:

    Nama saya Sofia dari Sragen-Jawa Tengah. Saya ingin menolong ibu saya mencari keberadaan Ibu MA Paul Driyatmoko. Jika dalam forum ini ada yang bisa membantu, mohon mengirim email kepada saya sofie_suliaman.2011@yahoo.com atau telepon langsung 0271-891738. Terima kasih banyak sebelumnya.

  8. Christina Rumayar mengatakan:

    Salam jumpa..
    Saya Christina Rumayar (Ibu Iin Tinangon Rumayar) dari Cabang St.Joseph Pelindung Pekerja Manado…
    Semoga melalui organisasi yang kita cintai ini,,,semakin banyak orang yang datang kepadaNya,,dan dengan demikian semakin banyak jiwa yang diselamatkan….Kami sedang mempersiapkan Konfercab pada bulan November 2013 ..mohon doanya,semoga bisa berjalan dengan baik..terima kasih..

    • wkriungaran mengatakan:

      Selamat mempersiapkan Konfercab, Ibu IIn Tinangon Rumayar.
      Semoga nanti dapat terlaksana dengan baik dan lancar, dan hasilnya bermanfaat bagi organisasi dan sesama. Doa kami selalu, dan salam dari Ungaran…

  9. Maria Magdalena Muji Rahayu mengatakan:

    shaloom
    Berkah dalem
    saya Maria Magdalena Muji Rahayu, saya baru mengenal WKRI, saya anggota baru di ranting marganingsih kalasan, bagaimana saya bisa mendapatkan tentang WKRI
    AD/ ART sejarah dll tentang WKRI
    terimakasih banyak siapapun yang bisa menolong saya karena saya terlalu buta tentang wanita katolik,
    bisa email ke yayuksutarman@gmail.com
    terimakasih banyak

    • wkriungaran mengatakan:

      Bu Yayuk,
      Sejarah Wanita Katolik RI dapat dibaca pada tulisan di webblog kami ini atau dengan browsing internet, karena cukup banyak yang menulis.
      Buku AD/ART dapat diperoleh / dibeli di Ranting atau Cabang Ibu.
      Untuk mengenal lebih dalam lagi, selain dengan membaca dan mempelajari, juga dengan aktif mengikuti pertemuan anggota rutin, dengan demikian ibu dapat diskusi dengan anggota aktif atau anggota senior.
      Kami juga mengirim email ke alamat ibu.
      Semoga bermanfaat.
      Berkah Dalem,
      WKRI Ungaran

      • yayuk mengatakan:

        Berkah dalem,
        terimakasih banyak bu, saya sekarang sdh mulai aktif di pertemuan rutin ranting dan anak ranting

      • wkriungaran mengatakan:

        proficiat ya bu!
        senang mendengar ibu aktif di ranting/anak ranting.
        Berkah Dalem

  10. Sanroida mengatakan:

    Halooo anggota WKRI..kenalkan saya anggota WKRI Ranting Batam..kebetulan kami belum lama terbentuk baru berjalan sekitar 5 bulan, jadi boleh dikatakan kami masih sangat buta terkait kegiatan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh WKRI..tolong dong info dan di share atau usul saran kegiatan apa yg boleh kami laksanakan demi majunya organisasi kami yg masih sanat belia…terima kasih…Tuhan Yesus memberkati

  11. JULIANA WEREMBINAN mengatakan:

    slmt malam ibu Ketua,sy Ibu Yul Werembinan ketua koordinator WKRI Wil Maluku Tenggara Barat. Sy butuh informasi tentang tanggal pasti Pelaksanaan Kongres bulan Oktober. mendatang. Apakah tanggal masih tetap sesuai surat pemberitahuan yg kami terima ataukah ada perubahan? terima kasih.

  12. YULIANA WEREMBINAN mengatakan:

    kepada yth
    DPP WKRI di Jakarta
    From IBU YULIANA WEREMBINAN
    KOORDINATOR WKRI WILAYAH MALUKU TENGGARA BARAT

    JUDUL TULISAN
    DINAMIKA ORGANISASI
    UNTUK DIMUAT DI MAJALAH KONTAK WKRIU

    Di usia 89 tahun, tentu sudah banyak pengalaman dan dinamika bagi organisasi seperti WKRI. Berkaca pada pengalaman dan dinamika tersebut WKRI Wilayah Maluku Tenggara Barat berkomitmen untuk menciptakan ritme organisasi yang lebih berdinamika dalam usaha mewujudkan visi dan misi Wanita Katolik RI.

    Dinamika organisasi internal juga mengalami naik turun tetapi bagi para kader WKRI, ini merupakan proses pematangan organisasi. Dalam hubungan dengan Gereja, WKRI tetap konsisten menjadi wadah bagi kaum perempuan katolik yang mau berpartisipasi bagi bangsa dan negara karena pada prinsipnya WKRI dan Gereja tetap berada pada tataran nilai-nilai Kristiani yang dipegang.
    Pergantian era di Republik ini, tidak menjadi kendala bagi WKRI untuk terus berkontribusi bagi Gereja dan tanah air (pro ecclesia et patria) suara untuk perubahan bangsa ke arah yang lebih baik terus di dengungkan. WKRI wilayah MTB aktif menyampaikan pendapat, kritik dan seruan bagi bangsa untuk selalu berbenah diri. Bangsa ini diperhadapkan dengan berbagai problem seperti korupsi, konflik horizontal di berbagai daerah. Kemiskinan dan berbagai persoalan lain disegala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Ketika kita refleksikan kembali keadaan ini, kita sekaranag ternyata sedang berjalan menuju kegagalan. Pertanyaannya, kapan rakyat indonesia satu suara untuk katakan “kita harus berubah !” Bagaimana agar perubahan itu bisa terjadi? Ingat, berapapun pernyataan perubahan, kalau sebatas pernyataan saja, maka itu sebuah kesia-siaan.
    Rekan-rekan WKRI yang kami banggakan, semoga goresan kalimat diatas dapat menghantar kita kembali pada karakter kita sebagai Organisasi Perempuan yang terus menerus membawa nilai-nilai kebenaran demi keadilan sosial bangsa dan negeri yang kita banggakan ini.
    Pro ecclesia et patria!!!

  13. bakti mengatakan:

    kedudukan wkri dalam gereja

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: