Kalo Ibu-ibu ber-internet …..

Tanggal 12 Juli 2009 lalu, Wanita Katolik RI Ranting Ungaran menyelenggarakan pelatihan “Internet & Website” di Aula SD/SMP Mardi Rahayu, Ungaran. Jumlah peserta yang lumayan banyak itu cukup membuat ‘dag dig dug’ Bidang Pendidikan yang punya kerja, lantaran laptop dan modem yang tersedia jumlahnya amat terbatas. Akhirnya, untuk Sesi I ini peserta harus puas memelototi apa yang sedang terjadi di layar monitor sambil berdesakan ria.

Menyimak sambil lesehan

Menyimak sambil lesehan

Satu monitor dipelototi 9 pasang mata ....

Satu monitor dipelototi 9 pasang mata ....

 

Di Sesi II, pelatihan dilaksanakan tgl.18 Juli 2009 di Laboratorium milik Fakultas Ilmu Komputer UNIKA Soegijapranata Semarang. Peserta menjadi lebih nyaman dan leluasa praktek dengan bimbingan tutor-tutor dari UNIKA.

Soto Banyubiru sudah dibuatkan blog-nya, Bu?

Soto Banyubiru sudah dibuatkan blog-nya, Bu?

Ibu, bapak dan anak-anak, sama semangatnya!

Ibu, bapak dan anak-anak, sama semangatnya!

Nyaman dan senang ..... tutornya cakep-cakep lagi!

Nyaman dan senang ..... tutornya cakep-cakep lagi!

 

Pertanyaannya : kenapa Ranting bikin pelatihan internet? Wong ya tinggalnya di kota kecil ….. kok bukan kursus memasak atau menjahit saja? Alasannya sederhana. Dengan mengerti dan memahami internet, memasak dan menjahit jadi lebih mudah. Jika ingin bisa memasak suatu jenis masakan, ibu-ibu tinggal mengetik kata kunci (keyword) di mesin pencari (Google), misalnya : RAWON, maka berbagai informasi mulai dari jenis-jenis masakan rawon sampai dengan cara membuatnya, ada di sana. Lengkap dengan petunjuk step-by-step nya. Ibu-ibu tinggal membeli bahan dan mempraktekkannya…..
Tentu bukan itu jawaban yang sesungguhnya. Di era global sekarang ini, dengan adanya berbagai kemudahan, teknologi sudah sedemikian majunya. Segala informasi bisa didapat dengan mudah dan cepat sekali. Dan anak-anak mulai dari usia dini pun langsung maupun tak langsung telah berkenalan dengan media informasi seperti TV, telpon/HP, komputer, dll. (barangkali mereka malah tidak kenal radio!). Bagi ibu-ibu yang bekerja di kantor, tentu ketrampilan menggunakan komputer dan internet sudah menjadi suatu keharusan, namun bagi mereka yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga kiranya pengetahuan inipun tak kalah penting. Kalau tidak bagi dirinya sendiri, minimal bisa dipakai sebagai sarana kontrol terhadap pendidikan anak-anaknya.

Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya pelatihan ini, yang semuanya di luar target panitia. Terima kasih secara khusus dan penghargaan kami sampaikan kepada Dekan Fakultas Ilmu Komputer UNIKA Soegijapranata atas bantuan yang diberikan : Tutor-tutor (yang dengan tekun dan sabar membimbing para ibu dan anak-anaknya), Laboratorium, Sertifikat yang cantik dan tentu juga ….. oleh-olehnya!   Tuhan memberkati!

Sebagian peserta dan pengurus bersama tutor. Terima kasih, UNIKA.

Sebagian peserta dan pengurus bersama tutor. Terima kasih, UNIKA.

Bidang Pendidikan

 

Satu Balasan ke Kalo Ibu-ibu ber-internet …..

  1. Ardy Widyarso mengatakan:

    Well done !!
    Tuhan memberkati Anda yang mengabdi untuk Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: