PAGUYUBAN WOROSEMEDI SANTA MONICA UNGARAN

Mengenang Sejarah

Tahun 1992 Ketua Wanita Katolik RI Cabang Ungaran dijabat oleh Ibu MS. Henny Sadewa dan Wakilnya Ibu Hesty Suhendro. Salah satu usulan program yang diajukan adalah keinginan untuk membuat suatu wadah bagi ibu-ibu Katolik yang hidup sendiri (janda). Usulan tersebut disetujui. Maka pada tanggal 19 Februari 1992 Ibu Henny Sadewa mengundang dan mengumpulkan ibu-ibu Wanita Katolik yang sudah sendirian (janda) yang jumlahnya mencapai 54 orang. Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Romo Paroki Rm. Antonius Tri Wahyono, Pr tersebut, perkumpulan itu terbentuk dan kemudian diresmikan dengan nama Perkumpulan Ibu-ibu Worosemedi Santa Monica Paroki Kristus Raja Ungaran. Pada saat itu Ibu Suroto (alm.) terpilih sebagai Ketua. Wakil Ketua : Ibu Ngadilan, Sekretaris : Ibu Theresia Katrin Sihrini dan Bendahara Ibu Soetjipto.

Pertemuan pertama tanggal 29 Maret 1992 dihadiri oleh 43 ibu, dan sesuai dengan arahan Romo Paroki acara diisi dengan Doa Rosario, lagu-lagu pujian sebagai selingan, dan doa-doa lain, misalnya doa untuk para imam, untuk biarawan biarawati, doa untuk nusa bangsa, dll. Sejak saat itu pertemuan rutin dilaksanakan sebulan sekali yaitu pada hari Minggu ke-tiga jam 09.30 di Ruang Pertemuan Gereja. Ibu-ibu Worosemedi mendapat bimbingan dari Fr. Kris (saat ini sudah menjadi Romo), dan beliau menyampaikan supaya dalam setiap pertemuan dibacakan Injil Suci untuk hari minggu berikutnya atau Minggu ke-empat.

Perjalanan Waktu

Sebagaimana sudah lazim terjadi, suatu organisasi mengalami pasang naik dan pasang surut. Demikian halnya dengan Perkumpulan Ibu-ibu Worosemedi. Karena satu dan lain hal Worosemedi sempat macet (tidak ada kegiatan) selama 18 bulan, mulai tanggal 27 Oktober 1996 sampai dengan 17 Mei 1998. Dengan keprihatinan yang sangat mendalam beberapa ibu yang masih peduli kembali mengajak mereka yang masih ingin bergabung. Dan dengan keyakinan dan semangat penuh, dimulailah kembali mengumpulkan ibu-ibu anggota dan aktif mengadakan pertemuan, dengan tempat berkumpul bergiliran di rumah anggota (anjangsana). Dengan berjalannya waktu, anggota Worosemedi semakin menyusut karena berbagai factor. Sejak beberapa tahun lalu, nama Perkumpulan diganti dengan Paguyuban.

Data Terkini

Sejak tanggal 17 Januari 2010 pertemuan anggota Paguyuban Worosemedi Santa Monica ditetapkan diadakan di Ruang Pertemuan Gereja, dengan anggota sejumlah 17 ibu. Adapun susunan pengurus saat ini adalah :   Ketua : Ibu Corry Frederick,  Sekretaris : Ibu Theresia Katrin Sihrini  dan Sie Sosial : Ibu Maria Magdalena Sri Harliyah.

Ulangtahun ke-18

Pada perayaan ulangtahun Paguyuban Ibu-ibu Worosemedi Santa Monica Ungaran ke-18 yang diperingati secara sederhana dalam pertemuan rutin tgl.21 Februari 2010, Ketua Paguyuban Worosemedi berkenan mengundang Romo Paroki Rm Stanislaus Kotska Suhartana, Pr. dan  Wanita Katolik RI Ranting Ungaran yang diwakili oleh Ibu T. Widaryati Yosef, Ibu MD. Esti S. Olfa Baskarani, Ibu Th. Sunarti Sutikno dan Ibu V. Erlina Budi Rahayu.

Pada kesempatan itu Ibu Corry Frederick membacakan sejarah singkat Paguyuban Worosemedi. Sedangkan Rm. Suhartana menyampaikan agar keanggotaan Worosemedi tidak terbatas pada ibu-ibu yang sudah berusia lanjut dan hidup menjanda tetapi juga terbuka untuk ibu-ibu yang juga masih bersuami. Karena kegiatan utamanya adalah berdoa, kiranya ini baik untuk semua ibu/isteri yang mempunyai keprihatinan dan perhatian mendalam terhadap keluarga, untuk bersatu dalam doa, sehingga dapat meringankan beban berat karena ditanggung bersama. Juga baik sebagai sarana belajar untuk lebih mengenal diri sendiri dan untuk melupakan pengalaman pahit getir dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sambutannya, Ketua Wanita Katolik RI Ranting Ungaran Ibu Widaryati Yosef menyampaikan kekagumannya terhadap ketekunan dan kesetiaan ibu-ibu Worosemedi. Karena Wanita Katolik Ranting (th 1992 berstatus Cabang) Ungaran yang memprakarsai terbentuknya Paguyuban Worosemedi, maka alangkah baiknya jika Ranting Ungaran tetap peduli, mendampingi dan lebih baik lagi jika dapat ikut berperan-serta atas keberadaan Worosemedi.

Dirgahayu Paguyuban Ibu-ibu Worosemedi Santa Monica Paroki Kristus Raja Ungaran. Tuhan Memberkati. (wied yosef k/Ibu Corry F.)

KETUA : IBU CORRY FREDERICK (kanan) DAN SEKRETARIS : IBU KATRIN SIH RINI

SEBAGIAN ANGGOTA : BERDOA, KITAB SUCI, NYANYI, BERBAGI …..

WAJAH YANG DAMAI, SUKACITA, TERUS BERKARYA …..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: