50 TAHUN WANITA KATOLIK RI DI UNGARAN

perjalanan sejarah 50 th Wanita Katolik RI di Ungaran, update

Oleh : T. Widaryati

Awal terbentuknya Wanita Katolik RI di Ungaran tak lepas dari keberadaan ibu-ibu paroki di Gereja Kristus Raja Ungaran. Sekitar tahun 1960-an Ibu Ali Kusno mengumpulkan ibu-ibu paroki yang kemudian membentuk perkumpulan yang disepakati bernama Perkumpulan Ibu-ibu Paroki Ungaran. Karena Ibu Ali Kusno tidak bersedia dipilih menjadi Ketua, maka kemudian Ibu Mardjuki ditunjuk menjadi Ketua. Pada saat itu tidak banyak kegiatan yang dilakukan. Pertemuan sebulan sekali diisi dengan kegiatan membordir/menyulam dan merenda taplak meja, yang dipimpin oleh Ibu Mardjuki.

Tahun 1961 Ibu Corry Frederick yang juga anggota Perkumpulan Ibu Paroki Ungaran mengusulkan dibentuknya Wanita Katolik RI (WKRI). Anggota-anggota lain setuju, namun tidak mengetahui prosedur yang harus ditempuh. Maka Ibu Corry memberanikan diri membentuk WKRI Cabang Ungaran pada tanggal 27 September 1964. Ibu Corry dipilih menjadi Ketua. Bersama Ibu Hien Darsono, Ibu Any dan Ibu Indiwinarto, Ibu Corry hadir pada Kongres VII WKRI di Semarang pada tahun 1965. Ibu V. Sutandar dari DPP (Dewan Pengurus Pusat) WKRI mengukuhkan berdirinya Wanita Katolik RI Cabang Ungaran. Pada Kongres berikutnya, Kongres VIII WKRI th 1967 di Jakarta, Ibu Corry menawarkan pada ibu-ibu untuk mengikutinya dengan biaya pribadi karena tidak ada uang kas. Ibu Corry hadir bersama Ibu Hien Darsono.

Tahun-tahun selanjutnya, ibu-ibu inilah yang berjuang menghidupkan Wanita Katolik RI di Ungaran pada masa-masa sulit itu, khususnya pasca G-30 S-PKI. Pasang surut silih berganti, sampai pada sekitar th.1980, WKRI Cabang Ungaran lelap tidur.

Rm. Aloysius Hantara, Pr yang saat itu bertugas sebagai Kepala Paroki Kristus Raja Ungaran sangat peduli dan memperhatikan keberadaan Wanita Katolik RI Cabang Ungaran. Karena tidak ada kegiatan, maka Rm A. Hantara, Pr meminta kepada Ibu MS. Henny Sadewa untuk membenahi dan menghidupkan kembali organisasi ini. Tahun 1982 ini pula Ibu MS. Henny Sadewa yang baru saja pindah domisili ke Ungaran, merintis kembali Wanita Katolik RI Cabang Ungaran dengan melaporkan keberadaannya dan aktif menjalin hubungan dengan DPD (Dewan Pengurus Daerah) Jawa Tengah. Pada saat itu Ketua Presidium adalah Ibu Darman dan anggota Presidium Ibu MM. Suyarmi Sugihardono. Melalui perjuangan yang panjang dan penuh rintangan, serta ketekunan dan dukungan luar biasa dari para pengurus dan anggota, kegiatan-kegiatan Wanita Katolik RI kembali dapat berjalan dengan baik. Tahun 1984 Ibu MS. Henny Sadewa mengikuti Kongres XIII Wanita Katolik RI di Surabaya, bersama dengan Ibu C. Suhartini Suyoto (Ketua Cabang Girisonta) dan Ibu A. Ari Sadjiman (Ketua Cabang Ambarawa). Ibu Henny Sadewa terpilih menjadi Ketua Cabang Ungaran sampai th.1987.

Kongres XIV Wanita Katolik RI diselenggarakan tahun 1987 di Jakarta dan dihadiri oleh Ibu MI. Hesty Suhendro yang menjadi Ketua Cabang Ungaran pada saat itu.

Sementara itu pada th.1984 s/d th.1987 ada pembentukan DKC (Dewan Koordinasi Cabang) BAGUS –Bedono, Ambarawa, Girisonta, Ungaran, Salatiga- dan terpilih sebagai Ketua adalah Ibu MS. Henny Sadewa dan Wakil Ketua Ibu Lidwina Sudjarwo dari Cabang Salatiga.

Dengan demikian, dari mula dibentuk pada tahun 1964 Ketua Wanita Katolik RI Cabang Ungaran adalah :

1964 – 1970 : Ibu Corry Frederick

1970 – 1976 : Ibu Indiwinarto

1976 – 1978 : Ibu Corry Frederick

1978 – 1981 : Ibu Sudaryono

1982 – 1985 : Ibu MS. Henny Sadewa

1985 – 1987 : Ibu MS. Henny Sadewa

1987 – 1992 : Ibu MI. Hesty Suhendro

1993 – 1994 : Ibu MS. Henny Sadewa

Pada th.1994 terjadi perubahan struktur organisasi karena DPD Jawa Tengah memutuskan untuk mengikuti jalur pemerintahan pada th.1993. Sehingga dari semula 86 Cabang berdasarkan Paroki (jalur gerejani) yang ada di Jawa Tengah menjadi 18 Cabang Kabupaten/Kota dan 1 SubCabang. Dengan demikian Wanita Katolik RI Cabang Ungaran berubah menjadi Ranting Kecamatan Ungaran. Ibu MS. Henny Sadewa kembali terpilih menjadi Ketua Ranting Ungaran hingga tahun 1996.

Ketua Ranting Kecamatan Ungaran sejak 1994 tercatat sbb.:

1994 – 1996 : Ibu MS. Henny Sadewa

1997 – 2000 : Ibu Natalia Putu Yossiady

2000 – 2003 : Ibu Natalia Putu Yossiady

2003 – 2005 : Ibu Imma Sugeng Lestari

2005 – 2008 : Ibu G. Sri Endang Ari Siswanto

2008 – 2011 : Ibu T. Widaryati Yosef

Tahun 2008  anggota Wanita Katolik RI Ranting Ungaran yang mendaftar dan memiliki KTA (kartu tanda anggota) tercatat 357 orang. Sedangkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain : pertemuan rutin anggota 1 bulan sekali,  kaderisasi, pelatihan dan pembekalan keorganisasian, pendidikan/ketrampilan, kerohanian (rekoleksi, renungan Kitab Suci, safari rosario, koor), seminar dan sosialisasi kesehatan, kunjungan ke wilayah kerja se-Ranting Ungaran dan pemecahan masalah yang ada, bakti sosial kepada masyarakat, simpan pinjam anggota, dll. Mulai th. 2008 ini pula dirintis pembuatan weblog WKRI Ranting Ungaran http://www.wkriungaran.wordpress.com, buletin BMW dan penggalangan Dana Abadi Ranting Ungaran.

Tahun 2010 Wanita Katolik RI Kecamatan Ungaran mengadakan penelusuran sejarah WKRI di Ungaran melalui kunjungan, wawancara dan diskusi dengan para senior –perintis dan  aktivis- Wanita Katolik RI, serta mengadakan acara bedah visi misi organisasi dalam rangka HUT Wanita Katolik RI Ranting Ungaran, yaitu pada tanggal 27 September 2010. Dilanjutkan dengan pembekalan dan pelatihan/simulasi  keorganisasian yang diadakan di Kompleks GMKA (Gua Maria Kerep Ambarawa) pada pertengahan tahun 2011, yang diikuti oleh perwakilan dari 21 wilayah kerja. Hasil yang dicapai sungguh luar biasa. Anggota-anggota yang semakin memahami organisasi, memutuskan untuk mengembangkan Ranting Ungaran menjadi 2, yaitu Ranting Kecamatan Ungaran Barat dan Ranting Kecamatan Ungaran Timur. Cepat atau lambat, pengembangan ini harus dilakukan, mengingat secara pemerintahan telah dilakukan pemekaran wilayah Kecamatan Ungaran menjadi Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur sejak th.2005.

Rapat Anggota Ranting I (dan ternyata menjadi yang terakhir) Wanita Katolik RI Ranting Ungaran tgl. 04 Desember 2011 mengukuhkan berdirinya kedua Ranting baru tersebut.

Ketua Ranting Kec. Ungaran Barat :

2011 – 2014 : Ibu M. Sri Wahyuni Totok

2014 – 2017 : Ibu dr. Anna Retno Lumbini Prasetyo

Ketua Ranting Kec. Ungaran Timur :

2011 – 2014 : Ibu Th. Endriana Widhi Harsono

2014 – 2017 : Ibu Veronika Setyani Sardju

Sumber :

-Catatan Sejarah WKRI di Ungaran oleh Ibu MS. Henny Sadewa

-Catatan dan Wawancara dengan ibu Corry Frederick dan Ibu Sukirman, pendiri dan tokoh

-LPJ Wanita Katolik RI Ranting Ungaran 2008-2011

-Sumber2 lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: